Kamis, 20 Oktober 2011

5 Kota dengan Polusi Udara Tertinggi di Dunia

 Gambar dari sini

Jika saya ditanya kota mana yang memiliki polusi udara paling tinggi, saya pasti akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jawaban China, London atau yang lain. Nah hari ini saya menemukan info yang sangat menarik mengenai data kota dengan polusi udara terbesar di dunia. 

Jangan harapkan kota-kota dengan Indistri tinggi, tetapi yang muncul adalah kota sebagai berikut:
1. Ahwaz, Iran (372)*
2. Ulan Bator, Mongolia (279)*
3. Sanadaj, Iran (254)*
4. Lidhiana, India (251)*
5. Quetta, Pakistan (251)*
* Microgram of Cubic Meter of PM. Standar kualitas udara dari WHO adalah 21

Mengapa polusi udara terjadi pada kota-kota Non Industri tersebut? Data WHO menyatakan bahwa polutan yang ditemukan dari negara-negara tersebut adalah gas pembakaran dari kayu bakar yang masih digunakan sebagai bahan bakar utama. Selain itu, kotoran hewan yang kering juga memberikan kontribusi kepada polusi udara di Kota tersebut.

Selain informasi yang disajikan di atas, ditampilkan juga kota dengan polusi udara paling sedikit di dunia yakni Whitehorse, Canada dengan 3 Microgram percubic meter PM. Bagaimana untuk Jakarta?. Sumber ini menyatakan bahwa kadar polutan di jakarta adalah sebesar 104 Mikrogram per meter kubik, tentu saja jauh melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh WHO. Penyumbang polusi terbayak di kota Jakarta adalah kendaraan bermotor.

Sumber bacaan : TIME edisi October 2011 (hal 11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar