Minggu, 16 Oktober 2011

Pohon Tumbang = Regenerasi Hutan

Secara alami, hutan memiliki kemampuan untuk berada dalam suatu keseimbangan dan mampu memperbaiki diri sendiri dengan bereproduksi yang biasa disebut dengan kemampuan regenarasi secara alami suatu komunitas tumbuhan. Ada beberapa proses yang bisa mendorong proses terjadinya regenerasi dalam hutan, salah satunya Tumbangnya pohon .Tumbangnya pohon merupakan sesuatu proses yang sederhana, tetapi merupakan kunci regenerasi di hutan tropis.

Pohon tumbang merupakan gangguan alami yang terajadi pada hutan tropis. Adanya pohon tumbang ini merupakan mekanisme untuk menjaga keanekaragaman di dalam hutan. Proses regenerasi melalui gaps ini bisa bekerja melalui penyediaan cahaya yang berarti mendorong regenerasi bagi spesies-spesies intolerant dan semi toleran untuk mencapai produktivitasnya. Kondisi ini juga mengurangi kompetisi dengan tanaman yang non-toleran. Selain itu spesies bisa berasosiasi dengan lingkungan di sekitarnya untuk mencari kondisi yang paling stabil untuk pertumbuhan tanaman.

Beberapa mekanisme regenerasi melalui gap adalah sebagai berikut :
1.      Dari benih. Benih-benih yang tersebar melalui angina tau melalui bantuan dari hewan yang sifatnya intoleran dan memerlukan banyak cahaya serta temperature yang mendukung untuk perkecambahannya.
2.      Dari pertumbuhan spesies-spesies yang cepat akibat terbentukanya gaps, spesies-spesies ini awalnya tumbuhnya terhambat karena adanya persaingan cahaya.
3.      Dari pertumbuhan vegetativ, Pohon yang tumbang dimungkinkan memproduksi sejumlah tunas
4.      Dari penyebaran lateral, liana atau epifit yang ada di pohon yang bisa terjadi karena adanya ruang dalam lingkungan hutan tersebut. 

Sumber :

Kimmins, J.P. 2004. Forest Ecology : a Foundation for Sustainable Forest Management and Environmental Ethics in Forestry. Pearson Education, Inc.Upper Saddle River.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar