Selasa, 18 Oktober 2011

Mengenal Biocharc




Sumber gambar sini


Pada beberapa hari yang lalu, dosen saya menerangkan sedikit tentang Biochar. Sedikit penjelasan itu ternyata berhasil memancing rasa penasaran saya. Coba-coba searching tentang Biocharc, ternyata sudah banyak bahasan tentang Biocharc. Namun, di Indonesia bahasan tentang Biocharc ini belum banyak, terbukti dari hasil searching saya di google tidak ada bahsan tentang Biocharc dalam bahasa Indonesia. 

Apa itu Biocharc?
Biocharc adalah produk yang sarat akan karbon yang terbentuk ketika biomassa (kayu, kotoran hewan, daun) dipanasakan dalam wadah tertutup (suhu > 700⁰C) dengan sedikit atau tanpa air. Dari segi teknis yang lebih dalam, biocharc diproses melalui dekomposisi termal dengan supply oksigen yang sangat minim.
Biocharc sudah sejak dulu dikembangkan oleh masyarakat di Pedalaman Amazon yang dikenal dengan wilayah Dark earth yang juga dikenal dengan Terra Preta dan diketahui tanahnya sangat subur. Biochar sudah dikembangkan oleh masayrakat Amerendian sebelum kedatangan bangsa Eropa di Amerika sebagai pengatur tanah. 
 Salah satu contoh biocharc (Sumber gambar sini)
Manfaat Biocharc

Jika pada zaman dahulu Biocharc dikenal sebagai pengatur tanah, saat ini penelitian menunjukkan bahwa biocharc saat diaplikasikan ke tanah memiliki banyak manfaat, yakni :
a.      Pembenah tanah.
Dengan aplikasi biocharc bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Biocharc bukanlah penyubur/pupuk tetapi biocharc berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi atu unsure hara yang ada di dalam tanah. Penggunaan biocharc sebagai pembenah tanah tidak membutuhkan sumberdaya baru, tetepi bisa menggunakan sumberdaya yang sudah ada dengan memanfaatkan limbah pertanian yang dihasilkan menjadi biocharc.
b.      Pemanfaatan Limbah
Pembakaran limbah pertanian dan peternakan menyebabkan polusi. Oleh karena itu, limbah tersebut lebih baik dimanfaatkan untuk biocharc. Secara spesifik manfaat biocharc adalah (a) mengurangi emisi methan dari pembakaran (b) Memanfaatkan energy dari limbah (c)Mengurang limbah industry, (d) Mengurangi energy yang terbuang dari transportasi limbah
c.       Mitigasi Climate Change
Menambahkan biochar ke tanah bisa menyerap kaarbon dioksida. Aplikasi biocharc berfungsi ganda sebagai pengikat karbon yakni dari tanaman yang ditanam yang semakin efektif penyerapannya karena tumbuh lebih baik denganmenggunakan biocharc serta biocharc sendiri  yang menjerap karbon di udara. Mekanisme penyerapan karbon bisa dilihat di gambar di bawah ini?

Untuk yang ingin tahu lebih banyak tentang biocharc bisa membuka link ini

Sumber bacaan : buku Biocharc for Environmental Management (Chapter I)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar